TAMBO PITUAH

"...Alam Takambang Jadi Guru..."

Wednesday, October 15, 2008

Permainan Anak Nagari Minangkabau III : Silek Minang


Pencak Silat masih banyak dipelajari oleh pemuda dan remaja sampai saat ini. Bahkan sudah menjadi kebanggaan generasi muda Minangkabau. Dasarnya Pencak Silat terdiri dari dua kata, yaitu Pencak dan Silat. Pencak bermakna permainan sedangkan Silat adalah seni beladiri. Jadi disaat kita mempelajari pencak silat terdapat unsur seni dan beladiri. Seni terihat pada pergerakannya, sedangkan beladiri terlihat pada unsur-unsur dalam gerakan itu.
Silat mempunyai beberapa aliran yang berkembang sesuai dengan daerah asalnya. Aliran silat cukup banyak antara lain "Silek Lintau berasal dari Lintau, silek Kumango berasal dari nagari Kumango, kedua aliran ini berasal dari Tanah datar. Kemudian ada Silek Balubuih dari Limo Puluah Koto, dan Silek Pauah dari Padang.
Sebagai beladiri silat keutamaannya adalah pertahanan. Pesilat akan mempertahankan diri bila diserang. Karena filosofinya yakni, "Musuah pantang dicari, basuo pantang dielakkan" yang bermakna tiada niatan mencari musuh namun jika terpaksa bertemu tidak akan mundur.
Pancak adalah permaian yang dilakukan dua orang. Permainan ini dilakukan dalam bentuk perkelahian pura-pura, jika di tinju semacam shadow boxing. Gaya yang dipakai menggunakan gerakan silat, tetapi tidak dimaksudkan untuk dikenai benar-benar. Pukulan, tendangan, serangan, kuncian dan hantaman. Tujuannya hanya untuk memperagakan gerakan silat.
Salah satu silat yang dahulunya memiliki tekhnik berbahaya, sering digunakan untuk membunuh dimasa penjajahan, yang benar-benar menguasainya biasanya dipilih oleh Datuk dengan kriteria tertentu nama silatnya yaitu Silek Harimau. Pernah dipelajari oleh orang barat tapi rahasianya masih tersimpan karena dikhawatirkan penyalahgunaan. Silat ini adalah favorit saya. Luarbiasa peninggalan nenekmoyang kita yang satu ini. Subhanallah!

1 Comments:

Blogger Greiche Gege said...

hai bang.. kalo mo ubah beta lagi bisa..

kalo widget, masukkin ke sidebar blogger classic caranya manual.. masukkin kodenya diantara kode -begin sidebar- sampe -end sidebar-
coba yaaa

October 23, 2008 at 12:03 AM  

Post a Comment

<< Home


Free Blog Content

Locations of visitors to this page

Website counter

The WeatherPixie

Blogger Indonesia

BlogFam Community

Adventure Travel Tales and Tips
Read the exciting tales and get the tips from experienced long-time travelers. Don't think adventure travel is not your thing. Consider their motto: "Adventure Travel is a way of life, once you've discovered it". PageRank

Search Islamic Directory
Keyword:

Trik-Tips Blog

Add to Plusmo Add to Google Reader or Homepage Add to The Free Dictionary Add to netomat Hub Receive IM, Email or Mobile alerts when new content is published on this site. Add to Technorati Favorites Add TAMBO PITUAH to ODEO

Powered by FeedBurner

Add to Technorati Favorites

tambo, pituah, urang awak,minang sepakat, minang, tambo, pituah, slamhendunk

Please get the Blog Link Banner Exchange.It's easy Just copy & paste the code below

Blog Advertising

My Photo
Name:
Location: Bandung, Indonesia

"...Neither thirst, hunger, suffer nor hate shall keep us from being happy and free as we trully and originally are...I'll Mubarak"

Powered by Blogger

Life is Such a Wonderful Thing